Reaksi sintesis urea dan Reaksi Total Sintesis

Urea adalah kepala produk nitrogen akhir metabolisme protein dalam semua mamalia dan beberapa ikan. Materi yang terjadi tidak hanya dalam urin semua mamalia tetapi juga dalam darah, empedu, susu, dan keringat. Dalam perjalanan pemecahan protein, gugus amino (NH2) dikeluarkan dari asam amino yang sebagian terdiri dari protein. Kelompok-kelompok amino diubah menjadi amonia (NH3), yang merupakan racun bagi tubuh dan dengan demikian harus diubah menjadi urea oleh hati. Urea kemudian lolos ke ginjal dan akhirnya diekskresikan dalam urin. 

urea dihasilkan sebagai produk samping pengolahan gas alam atau pembakaran batu bara. Karbon dioksida yang dihasilkan dari kegiatan industri tersebut lalu dicampur dengan amonia melalui proses Bosch-Meiser. Dalam suhu rendah, amonia cair dicampur dengan es kering (karbondioksida) menghasilkan amonium karbamat. Selanjutnya, amonium karbamat dicampur dengan air ditambah energi untuk menghasilkan urea dan air.
Sebuah sintesis total adalah sintesis kimia lengkap senyawa kimia organik yang komplek dari molekul yang simpel (sederhana), yang tersedia secara komersial atau perkusor alami. Penelitian metodologi biasanya melibatkan tiga tahapan utama, yaitu penemuan (Discovery), optimasi dan study  lingkungan (optimization and study of scope) dan keterbatasan (Limitations). Beberapa kelompok peneliti dapat melakukan sintesis total untuk menampilkan metodologi baru dan dengan demikian menunjukkan aplikasinya untuk sintesis kompleks senyawa lainnya.

Senyawa yang disintesis mungkin memiliki kerangka karbon kecil seperti vanili (1.5) (aroma vanila) atau mungkin memiliki kerangka karbon yang lebih kompleks sebagai penicillin G (1.6) (antibiotik) dan taksol (1.7) (digunakan untuk pengobatan beberapa jenis kanker). Namun, tiga tantangan yang harus dipenuhi dalam merancang sebuah sintesis untuk senyawa tertentu: (1) kerangka atom karbon atau kerangka yang ditemukan di kompleks yang diinginkan harus dirakit (disusun); (2) gugus fungsional yang menjadi ciri senyawa yang diinginkan harus diperkenalkan atau dirubah (difranformasikan) dari gugus lain pada posisi yang tepat, dan (3) jika pusat stereogenik muncul, mereka harus diperbaiki dengan cara yang tepat.
Salah satu contoh sintesis total yaitu sintesis total dari taksol mukaiyama (konstruksi cincin B). Reaksi pertama antara katena silil asetal dengan magnesium bromida. Reaksi kedua antara ligan kiral amida dengan katalis garam nitrat dengan reaksi:


DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Urea
https://id.wikipedia.org/wiki/Adisi_Aldol_Mukaiyama
Amanatie., A. 2015. Buku Pegangan Mahasiswa Kimia Organik Sintesis. Yogyakarta:                                          Universitas Negeri Yogyakarta.

Komentar

  1. Mengapa pada sintesis total taksol digunakan ligan kiral amida?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digunakan ligan kiral amida sebagai pengompleks agar taksol dapat disintesis karena untuk memperbaiki susunan stereogeniknya

      Hapus
  2. Pada sintesis taksol pelarut yang digunakan apa , dan bagaimana kondisi reaksi tersebut .
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada sintesis taksol, pelarut yang digunakan adalan toluena dimana reaksi terjadi dalam keadaan asam

      Hapus
  3. Pada sintesis taksol pelarut yang digunakan apa , dan bagaimana kondisi reaksi tersebut .
    Terima kasih

    BalasHapus
  4. syarat terjadinya halogenasi senyawa bahan alam itu bagaimana, mohon jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halogenasi senyawa bahan alam dapat terjadi dengan syarat sebagai berikut:

      - Suatu senyawa merupakan golongan unsur yang sangat aktif, terdiri dari fluorin, bromin, iodin, klorin, atau astatin, yang mempunyai sifat kimia sama.
      - Dapat terjadi antara ikatan karbon-karbon rangkap (C=C) pada senyawa-senyawa alkena.

      Hapus
  5. mengapa urea dijadikan contoh utama dalam sintesis total ? mohon dijelaskan tentang hubungannya dengan sintesis total, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena urea merupakan contoh sederhana dari sintesis total dan lebih dahulu ditemukan dibanding dengan sintesis senyawa modern saat ini.

      Hapus
  6. Halo Rezky, mau tanya dong apakah hanya bahan alam yang dapat disintesis secara total? Mohon dijawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya senyawa bahan alam yang dapat disintesis secara total karena merupakan senyawa yang diperoleh dari alam yang masih belim sempurnakan dan disempurnakan pada sintesis total

      Hapus
  7. Apakah ada reagen tertentu dalam proses sintesis organik senyawa bahan alam? atau sintesis tersebut terjadi secara alami seperti yang terjadi pada sintesis urea? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap senyawa bahan alam disintesis menggunakan reagen tertentu disesuaikan dengan jenis senyawanya. Hal itu juga berlaku pada sintesis urea

      Hapus
  8. Apa pentingnya melakukan sintesis total senyawa organik? Mohon dijelaskan?

    BalasHapus
  9. bagaimana prinsip bisch-moiser ?

    BalasHapus
  10. apakah yield dalam strategi total sintesis mempengaruhi tahap tahap selanjutnya?

    BalasHapus
  11. Bagaimana menentukan total sintesis yang tepat untuk suatu senyawa bahan alam yang terhalogenasi?

    BalasHapus
  12. Wpakah reagen dalam proses ini bsa dirubah atau digantikan dgn reagrn lain? Apa syaratnya

    BalasHapus
  13. bagaimana cara kita menentukan senyawa tersebut yang ada di laboratorium atau tidak?

    BalasHapus
  14. mengapa urea dapat disebut sebagai senyawa terhalogenasi ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gugus Pelindung

TOTAL SINTESIS (±)-RESERPINE