Gugus Pelindung

Ketika reaksi kimia yang akan dilakukan secara selektif pada satu situs reaksi dalam multifungsi senyawa organik (molekul organik mengandung dua atau lebih dari dua reaktif kelompok) dan ingin reaksi pada satu tempat yang reaktif, maka tempat reaktif lain harus sementara diblokir atau diprotek. Langkah ini disebut deproteksi. Perlindungan dan deproteksi gugus fungsional telah mendapat perhatian dalam beberapa tahun terakhir bukan hanya karena kepentingan fundamentalnya, tetapi juga karena peran mereka dalam multilangkah sintesis. Penyusunan molekul organik kompleks menuntut tersedianya berbagai gugus untuk memungkinkan kelangsungan hidup kelompok fungsional reaktif selama berbagai operasi sintesis, akhirnya mengakibatkan produksi selektif dari molekul target. Misalnya, dalam konversi etil 5-okso-hexanoat menjadi 6-hidroksi-2-hexanon, diperlukan untuk memblokir gugus keton pertama dan kemudian gugus ester berkurang dengan LiAlH4. Gugus keton dilindungi sebagai asetal karena gugus asetal tidak bereaksi dengan reduktor LiAlH4. Pada tahap akhir gugus asetal dihilangkan dengan pnambahan asam. Keseluruhan skema transformasi ini diberikan dalam Skema



Sebuah gugus pelindung yang baik harus mudah untuk mengenakan, tanpa generasi pusat stereogenik baru, dan mudah untuk dihilangkan. Untuk melindungi kelompok harus memiliki minimal fungsi tambahan untuk menghindari tempat lanjut reaksi. Gugus pelindung harus membentuk turunan kristal dengan reaksi yang tinggi, hasil yang dapat dengan mudah dipisahkan dari produk samping. Gugus pelindung seharusnya tidak mengganggu reaksi yang dilakukan sebelum dihilangkan. Gugus pelindung dapat dibelah dalam berbagai kondisi termasuk solvolisis dasar, asam, logam berat, ion fluorida, eliminasi reduktif, eliminasi, hidrogenolisis, oksidasi, reduksi melarutkan logam, substitusi nukleofilik, transisi katalis logam, cahaya dan enzim. Metode elektrolit dan dibantu fotolisis penting dalam metode untuk menghilangkan gugus pelindung. Gugus Photolabile disebut senyawa dikurung atau phototriggers, dilindungi dari radiasi pada panjang gelombang 254-350nm dengan tinggi hasil kuantum.

Berikut macam-macam gugus pelindung:

Gugus pelindung Alkohol

Perlindungan alkohol :
·         Asetil (Ac) - Dihapus oleh asam atau basa (lihat gugus Asetoksi).
·         Benzoil (Bz) - Dihapus oleh asam atau basa, lebih stabil daripada gugus Ac.
·         Benzil (Bn, BNL) - Dihapus oleh hidrogenolisis. Gugus Bn secara luas digunakan dalam gula dan nucleoside chemistry.
·         β-Methoxyethoxymethyl eter (MEM) - Dihapus oleh asam.
·         Dimethoxytrityl , [Bis- (4-metoksifenil) fenilmetil] (DMT) - Dihapus oleh asam lemah. Gugus DMT banyak digunakan untuk perlindungan dari gugus 5'-hidroksi di nukleosida, terutama di sintesis oligonukleotida .
·         Methoxymethyl eter (MOM) - Dihapus oleh asam.
·         Methoxytrityl [(4-metoksifenil) diphenylmethyl, MMT) - Dihapus oleh asam dan hidrogenolisis.
·         p-Methoxybenzyl eter (PMB) - Dihapus oleh asam, hidrogenolisis, atau oksidasi.
·         Methylthiomethyl eter - Dihapus oleh asam.
·         Pivaloyl (PIV) - Dihapus oleh asam, basa atau agen pereduksi. Hal ini secara substansial lebih stabil daripada gugus asil melindungi lainnya.
·         Tetrahidropiranil (THP) - Dihapus oleh asam.
·         Tetrahidrofuran (THF) - Dihapus oleh asam.
·         Trityl (triphenylmethyl, Tr) - Dihapus oleh asam dan hidrogenolisis.
·         Silil eter (yang paling populer termasuk trimethylsilyl (TMS), tert -butyldimethylsilyl (TBDMS), tri iso -propylsilyloxymethyl (TOM), dan triisopropylsilyl (TIPS) eter) - Dihapus oleh asam atau fluorida ion. (Seperti NaF, TBAF ( Tetra-n-butylammonium fluorida, HF-Py, atau HF-Net 3)). Gugus TBDMS dan TOM digunakan untuk perlindungan fungsi 2'-hidroksi di nukleosida, terutama di sintesis oligonukleotida .
·         Methyl Ether - Pembelahan adalah dengan TMSI di DCM atau MeCN atau Kloroform. Sebuah metode alternatif untuk membelah metil eter adalah BBR 3 di DCM
·         Ethoxyethyl eter (EE) - Pembelahan lebih umum dan sederhana dari eter misalnya 1N asam klorida.

Gugus pelindung Amina
BOC glisin. Gugus tert -Butyloxycarbonyl ditandai dengan warna biru.
Perlindungan amina :
·         gugus Carbobenzyloxy (CBZ) - Dihapus oleh hidrogenolisis
·         gugus p -Methoxybenzyl karbonil (Moz atau MeOZ) - Dihapus oleh hidrogenolisis, lebih labil daripada CBZ
·         gugus tert -Butyloxycarbonyl (BOC) (biasa digunakan saat solid phase sintesis peptida) - Dihapus oleh asam kuat pekat (seperti HCl atau CF3COOH), atau dengan memanaskan >80°C.
·         gugus 9-Fluorenylmethyloxycarbonyl ( FMOC ) (biasa digunakan saat solid phase sintesis peptida) - Dihapus oleh basa, seperti piperidin
·         gugus Asetil (Ac)  : umum di sintesis oligonukleotida untuk perlindungan N4 di sitosin dan N6 di adenin basis nukleat dan dihapus dengan basa, kebanyakan dengan air atau gas amonia atau metilamina . Ac terlalu stabil untuk dihapus dari amida alifatik.
·         gugus Benzoil (Bz) : umum di sintesis oligonukleotida untuk perlindungan N4 di sitosin dan N6 di adenin basis nukleat dan dihapus dengan basa, kebanyakan dengan amonia cair atau gas atau metilamin. Bz terlalu stabil untuk mudah dihapus dari amida alifatik.
·         gugus Benzil (Bn) - Dihapus oleh hidrogenolisis
·         gugus Karbamat  - Dihapus oleh asam dan pemanasan ringan.
·         p -Methoxybenzyl (PMB) - Dihapus oleh hidrogenolisis, lebih labil daripada benzil
·         3,4-dimethoxybenzyl (DMPM) - Dihapus oleh hidrogenolisis, lebih labil daripada p-metoksibenzil
·         gugus p -methoxyphenyl (PMP) - Dihapus oleh amonium cerium (IV) nitrat (CAN)
·         gugus Tosil (Ts) - Dihapus oleh asam pekat (HBr, H2SO4) & agen pereduksi kuat (natrium dalam cairan amonia atau natrium naphthalenide)
·         gugus Sulfonamida lainnya (Nosyl & Nps) - Dihapus oleh samarium iodida, tributiltin hidrida.


Gugus pelindung karbonil
Perlindungan karbonil gugus:
·         Asetal dan Ketals - Dihapus oleh asam. Biasanya, pembelahan asetal asiklik lebih mudah daripada dari asetal siklik.
·         Acylals - Dihapus oleh asam Lewis .
·         Dithianes - Dihapus oleh garam logam atau zat pengoksidasi.

Gugus pelindung asam karboksilat
Perlindungan asam karboksilat :
·         Metil ester - Dihapus oleh asam atau basa.
·         Benzil ester - Dihapus oleh hidrogenolisis.
·         tert -Butyl ester - Dihapus oleh asam basa, dan beberapa reduktan.
·         Ester dari fenol 2,6-tersubstitusi (misalnya 2,6-Dimethylphenol , 2,6-diisopropilfenol , 2,6-di-tert-butylphenol ) - Dihapus pada suhu kamar dengan metanolisis katalis-DBU bawah kondisi tekanan tinggi.
·         Silil ester - Dihapus oleh asam basa, dan organologam reagen.
·         Orthoesters - Dihapus oleh asam ringan berair untuk membentuk ester, yang dihapus sesuai dengan sifat ester.
·         Oksazolin - Dihapus oleh asam kuat panas yang (pH <1, T>100°C) atau alkali (pH> 12, T>100°C), tetapi tidak seperti LiAlH4 , reagen organolitium  atau reagen Grignard (organomagnesium)

Gugus pelindungi fosfat
·  2-cyanoethyl - Dihapus oleh basa ringan. Gugus ini banyak digunakan dalam sintesis oligonukleotida.
·         Methyl (Me) - Dihapus oleh nukleofil kuat. Seperti: thiophenole / TEA.

Gugus pelindung alkuna
·         propargyl alkohol dalam reaksi Favorskii ,
·         gugus silil, terutama dalam perlindungan asetilena itu sendiri. 


DAFTAR PUSTAKA

Amanatie., A. 2015. Buku Pegangan Mahasiswa Kimia Organik Sintesis. Yogyakarta: Universitas
                   Negeri Yogyakarta.
https://ml.scribd.com/doc/143832408/Book-Report-Sintesis-Kimia (diakses:minggu 9 april 2017).

Komentar

  1. Tolong dikasih contoh untuk setiap jenis gugus pelindung. Sekaligus mekanismenya, jika ada. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk contoh gugus pelindung:
      1. Gugus ester, digunakan untuk mencegah dekomposisi saat proses alkilasi untuk menderivatisasi dan mengkarakterisasi alkohol. contoh: Asetat, chloroacetate, benzoat, p-metoksi benzoat, benzil karbonat (Cbz), tertbutyl karbonat (Boc) dan 9 - (Fluorenylmethyl) karbonat (Fmoc) biasanya disiapkan untuk melindungi gugus hidroksil
      2. untuk gugus amina, digunakan perlindungan saat akan mensintesis dengan menambah gugus pelindung uretan seperti benziloksikarbonil (Cbz), tertbutoxycarbonyl (Boc)
      dan (fluorenylmethoxy) karbonil (Fmoc)

      Hapus
  2. mohon maaf saya ingin bertanya mengenai syarat-syarat lain yang dapat menjadi acuan suatu gugus fungsi dapat digunakan pada suatu senyawa, dan berikan contoh perlindungan suatu gugus fungsi, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. persyaratan lain suatu gugus pelindung yang digunakan yaitu suatu gugus pelinfung dapat dengan mudah dimasukkan dan dihilangkan, resisten terhadap reagen yang menyerang gugus fungsional yang tidak terlindungi, serta stabil dan hanya bereaksi khusus dengan pereaksi yangnkhusus untuk mengembalikan gugus fungsi aslinya.
      salah satu contoh perlindungan gugus fungsi ialah pada senyawa glisin yang dilindungi oleh tert -Butyloxycarbonyl sengga membentuk tert -Butyloxycarbonyl glisin yang terlindungi.

      Hapus
  3. Halo mas Aulia, saya mau tanya mengapa kita perlu menghilangkan gugus pelindung? Mohon dijawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gugus fungsi dihilangkan agar suatu senyawa dengan gugus tertentu yang telah dilindungi oleh gugus pelindung dapat bereaksi dengan pereaksi atau pelarut yang ditentukan untuk menjalankan proses sintesis kimia.

      Hapus
  4. saya ingin bertanya apakah pentingnya mempelajari gugus pelindung dalam kimia organik sintesis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pentingnya mempelajari gugus pelindung dalam kima organik sintesis adalah agar dapat mempelajari suatu gugus pelindung dapat melindungi gugus tertentu agar tidak turut bereaksi dengan pereaksi atau pelarut selama proses sintesis berlangsung.

      Hapus
  5. saya ingin bertanya bagaimana tahapan proses dari gugus pelindung dalam senyawa organik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gugus pelindung karena berupa gugus yang bersifat spesifik yang mengikat gugus atau salah satu pusat reaksi agar suatu gugus tersebut terlindungi dari reaksi

      Hapus
  6. bisa tolong berikan contoh gugus alkohol dengan gugus pelindung benzoil? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suatu perlindungan alkohol dengan gugus benzoil yaitu dengan mereaksikan pusat reaksi alkohol dengan sisi benzoilnya. Untuk gambar belum dapat ditampilkan. Terima kasih

      Hapus
  7. bagaimana cara melindungi molekul yang mengandung beberapa gugus fungsional yang mirip, serta berikan contoh. terimakasih.

    BalasHapus
  8. apakah gugus pelindung akan mempengaruhi tahap tahap selanjutnya dalam total sintesis?

    BalasHapus
  9. Bagaimana cara apabila ada 2 gugus yang sama yang ingin dilindungi namun hanya satu gugus yang ingin disubstitusi?

    BalasHapus
  10. Apakah gugus pelindung dapat dibaca oleh FTIR?

    BalasHapus
  11. apakah gugus pelindung hanya dapat melingdungi gugus fungsi?

    BalasHapus
  12. bagaimana kinerja gugus pelindung pada suatu reaksi senyawa ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reaksi sintesis urea dan Reaksi Total Sintesis

TOTAL SINTESIS (±)-RESERPINE